CIAMISmart is the best adalah media belajar yang menyenangkan ciamismart.com adalah buatan ciamis is the best asli--> CIAMISmart is the best --> ganti dengan kata kunci yang ingin anda pasang (Tаrget utama keyword anda). CIamismart is the best ciamismart --> ciamismart.

Seblak

Seblak Basah 
oleh : Dinah Estu N 



Saya sudah lama mendengar tentang seblak. Sebelumnya saya mengira seblak adalah nama sejenis kerupuk diantara berjenis-jenis kerupuk seperti kerupuk udang dan kerupuk bawang. Saya teringat lagi soal Seblak ini setelah membaca postingan Gusti yang diikutkanLomba Sajian Istimewa di Blogdetik (baca: Balada Seblak Basah).
Tetapi ternyata seblak adalah nama sejenis makanan pedas dengan bahan utamanya kerupuk. Ada dua jenis seblak yaitu seblak kering dan seblak basah.
Seblak kering adalah kerupuk yang sudah digoreng hingga menjadi garing lalu ditambah bumbu pedas kering sebagai pelengkap. dari yang saya baca-baca di beberapa blog, seblak kering ini sungguh sungguh sungguh sangaaattt pedas! Ugh, mantap.
Seblak kering lebih dulu populer sebelum masyarakat (mungkin awalnya satu orang yang jenius hehe) menemukan cara lain untuk menyantap kerupuk. Tidak lagi garing seperti layaknya kerupuk tetapi justru kenyal dan basah.
Kerupuk basah yang diberi bumbu pedas inilah yang kemudian dikenal dengan nama seblak basah. Yah well mungkin ini cerita ngaco dari saya karena kurang risetnya ;) Hehe.
Banyak cara membuat seblak basah. Ada resep yang menyebutkan untuk merebus dahulu kerupuk mentah tetapi ada juga yang menyebutkan untuk merendamnya saja dalam air di suhu ruang.
Tetapi pertanyaan saya adalah kerupuk apa yangs ebaiknya digunakan untuk membuat seblak basah ini belum terjawab. Seorang teman menyarankan menggunakan kerupuk aci (kanji) tetapi saya kurang tahu kerupuk kanji itu seperti apa. Akhirnya dengan minimnya pengetahuan, saya nekat untuk mencoba membuat seblak basah yang tidak pernah saya lihat bentuknya apalagi mencicipi rasanya ini.
Resep ini mungkin bukan cara benar membuat seblak asli tapi yah bisa jadi alternatif cara lain ;)

Seblak Basah

Bahan:
  • 1 piring Kerupuk ikan yang sudah digoreng garing
  • Air matang untuk merendam
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
Haluskan:
  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 1cm kencur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
Cara membuat:
  1. Rendam kerupuk di dalam air hingga lunak, tiriskan
  2. Tumis bumbu halus hingga matang
  3. Masukan kerupuk basah ke dalam tumisan bumbu, aduk rata
  4. Angkat

0 komentar:

berkomentar yang membangun tidak termasuk spam/promosi

hanya bulan ini

Hosting Gratis